๐Š๐ฐ๐š๐ซ๐ซ๐š๐ง ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐†๐ž๐ฅ๐š๐ซ ๐†๐ž๐ฅ๐š๐ง๐  ๐€๐ฃ๐š๐ซ, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐€๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ๐ข๐š๐ฌ๐ข ๐๐ž๐ง๐ž๐ซ๐ข๐ฆ๐š ๐๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š ๐†๐š๐ซ๐ฎ๐๐š

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. resmi membuka kegiatan Gelang Ajar dan Senam Pramuka Sehat yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting (Kwarran) Batam Kota, di pelataran parkir Mall Botania 2, Sabtu (7/9/2024).

Acara tersebut melibatkan 18 pangkalan dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK), dengan total 355 peserta.

Sejalan dengan itu, Jefridin turut menyematkan tanda Pramuka Garuda kepada 26 peserta didik. Dalam sambutannya ia mengungkapkan rasa bangganya kepada para peserta yang telah berhasil mencapai tingkat tertinggi dalam kepramukaan.

โ€œSaya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kwarran Batam Kota atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan seperti Gelang Ajar dan Senam Pramuka Sehat sangat positif untuk membangun karakter generasi muda,โ€ ujar Jefridin.

Dalam penyematan tersebut, Jefridin juga mengingatkan betapa pentingnya peran Pramuka Garuda sebagai teladan.

โ€œPramuka Garuda adalah pramuka yang sejati, teladan bagi yang lain. Saya berharap para peserta didik yang menerima tanda penghargaan ini dapat terus mempertahankan prestasi mereka dan mengamalkan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari,โ€ tambahnya.

Ia juga mengapresiasi dukungan para orang tua yang telah mengizinkan dan mendorong anak-anak mereka untuk aktif dalam kegiatan pramuka.

โ€œTerima kasih kepada para orang tua yang telah mengizinkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan. Jangan pernah ragu, karena pramuka mendidik anak bangsa menjadi pribadi yang mandiri dan berkarakter,โ€ ujar Jefridin.

Jefridin juga menekankan pentingnya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma Pramuka, terutama Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Suck dalam pikiran, perkataan, serta perbuatan.

โ€œJangan pernah berbohong kepada orang tua, dan jangan melanggar nilai-nilai yang sudah diajarkan dalam Dasa Dharma Pramuka,โ€ tegasnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pramuka untuk terus mengembangkan karakter generasi muda agar menjadi individu yang tangguh dan berdaya guna bagi bangsa. Jefridin juga mengingatkan makna dari lambang Pramuka, Tunas Kelapa, yang memiliki filosofi bahwa kelapa bisa tumbuh di mana saja, dan setiap bagiannya bermanfaat.

โ€œIni adalah simbol bahwa pramuka mampu beradaptasi di berbagai lingkungan dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama,โ€ tegasnya.

DD