๐’๐ž๐ค๐๐š ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐ฎ๐ค๐š ๐๐ข๐ฆ๐ญ๐ž๐ค ๐๐ฎ๐›๐ฅ๐ข๐œ ๐’๐ฉ๐ž๐š๐ค๐ข๐ง๐  ๐๐š๐ ๐ข ๐๐ž๐ฃ๐š๐›๐š๐ญ ๐๐ข ๐‹๐ข๐ง๐ ๐ค๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐ค๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka secara resmi Bimbingan Teknis Public Speaking Bagi Pejabat di Lingkungan Pemko Batam Tahun 2024 di Hotel Harris Batam Centre, Senin (9/09/2024). Dimulainya Bimtek ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Jefridin kepada perwakilan peserta.

Bimtek ini diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam. Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

โ€œAtas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi saya mengapresiasi dan berterimakasih kepada BKPSDM diselenggarakannya Bimtek ini. Ini sangat penting karena kita sehari-hari berhadapan dengan masyarakat,โ€ ujarnya.

Ia menjelaskan Public Speaking merupakan kemampuan berbicara, dengan tujuan menyampaikan pesan secara efektif. Ada beberapa kiat yang harus dipahami untuk menjadi publik speaking. Menguasai audience dan menguasai materi yang disampaikan.

โ€œBimtek ini sangat positif, masih banyak ASN yang belum dapat melakukan Public Speaking dengan baik. Terutama dalam melayani masyarakat. Mudah-mudahan setelah mengikuti Bimtek ini, Public Speaking pejabat di lingkungan Pemko Batam semakin meningkat,โ€ tuturnya.

Kepada narasumber diharapkan dapat memberikan materi terkait Public Speaking. Kepada peserta Bimtek, ia berpesan agar bertanya kepada narasumber jika ada hal yang tidak dipahami terkait Pubic Speaking.

โ€œIkuti Bimtek ini dengan baik, dengarkan paparan yang disampaikan oleh narasumber. Karena apa yang disampaikan sangat berguna dalam menjalankan tugas Bapak/Ibu dalam melayani masyarakat,โ€ pesannya.

Kepala BKPSDM Kota Batam, Asnah menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan dan kualitas berkomunikasi bagi ASn. Serta meningkatkan daya tarik, motivasi dan menguatkan hubungan inter personal ASN.

Pembina Pusat Diklat Nasional, Toto Sumito melaporkan kegiatan berlangsung selama 3 hari, hingga Rabu (11/09/2024). Ia mengatakan Public Speaking ini sudah menjadi profesi dan bermanfaat untuk pengembangan diri ASN. Adapun narasumber Bimtek Public Speaking, Tubagus Wahyudi.(*)

DD