๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐€๐ฃ๐š๐ค ๐–๐š๐ซ๐ ๐š ๐“๐ž๐ซ๐š๐ฉ๐ค๐š๐ง ๐๐จ๐ฅ๐š ๐‡๐ข๐๐ฎ๐ฉ ๐’๐ž๐ก๐š๐ญ ๐‹๐ž๐ฐ๐š๐ญ ๐Š๐š๐ฆ๐ฉ๐ฎ๐ง๐  ๐†๐ž๐ซ๐ฆ๐š๐ฌ

Pemerintah Kota Batam terus berkomitmen mendorong penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di seluruh wilayah Kota Batam. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. secara resmi membuka Kampanye Germas, di Planet Holiday Hotel dalam rangka meningkatkan jumlah Kampung Germas di Kota Batam, Rabu (9/10/2024).

Dalam sambutannya, Jefridin menyampaikan pentingnya pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga secara rutin, memeriksa kesehatan secara berkala, serta mengurangi kebiasaan merokok.

โ€œKesehatan itu penting, karena tanpa kesehatan, kita tidak bisa beraktivitas dengan baik. Melalui Germas, kita budayakan perilaku sehat agar masyarakat lebih sehat,โ€ ujarnya.

Jefridin menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Batam mendukung penuh instruksi Presiden terkait Germas. Saat ini, dari total 64 kelurahan di Batam, sudah terbentuk 40 Kampung Germas, dan Pemko Batam menargetkan pembentukan 24 Kampung Germas lainnya.

โ€œIni adalah bukti dukungan nyata Pemko Batam terhadap Germas. Kita ingin agar tujuan Germas benar-benar tercapai, yakni masyarakat yang sehat dan kuat,โ€ lanjutnya.

Selain mempromosikan gaya hidup sehat, Jefridin juga menggarisbawahi pentingnya pengelolaan sampah di Kampung Germas.

โ€œSetiap orang menghasilkan sampah antara 0,7 hingga 0,9 kilogram per hari. Jika kita bisa mengolah sampah dengan baik, seperti membuat kompos, maka hasilnya bisa kita gunakan untuk menyuburkan tanaman pekarangan, bahkan menanam cabai untuk mengendalikan inflasi,โ€ jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Jefridin menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Batam yang telah melaksanakan kegiatan tersebut dan menyarankan evaluasi program Germas secara berkala.

โ€œKami akan memberikan penghargaan kepada Kampung Germas terbaik di tingkat kelurahan, dan diharapkan bisa dikembangkan hingga ke tingkat RW dan RT,โ€ imbuhnya.

Jefridin menegaskan pentingnya keterlibatan masyarakat dan berbagai pihak, termasuk OPD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dalam mensukseskan Germas.

โ€œDengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, kita harapkan Kampung Germas terus bertambah dan menjadikan Batam kota yang aman, nyaman, madani, dan sejahtera untuk ditinggali,โ€ tutupnya.

DD