๐†๐ž๐ฅ๐š๐ซ ๐€๐ฌ๐ข๐ฌ๐ญ๐ž๐ง๐ฌ๐ข ๐ˆ๐ฆ๐ฉ๐ฅ๐ž๐ฆ๐ž๐ง๐ญ๐š๐ฌ๐ข ๐๐ž๐ง๐ ๐ž๐ฅ๐จ๐ฅ๐š๐š๐ง ๐Š๐ž๐ฎ๐š๐ง๐ ๐š๐ง ๐๐‹๐”๐ƒ, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐€๐ฃ๐š๐ค ๐๐ž๐ซ๐š๐ง๐ ๐ค๐š๐ญ ๐ƒ๐š๐ž๐ซ๐š๐ก ๐“๐ข๐ง๐ ๐ค๐š๐ญ๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ฅ๐š๐ฒ๐š๐ง๐š๐ง ๐Š๐ž๐ฉ๐š๐๐š ๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka acara sosialisasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD), Asistensi dan Implementasi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Planet Holiday Hotel & Residence, Rabu (10/07/2024). Selaku Koordinator TPKAD Kota Batam, Jefridin mengajak seluruh Perangkat Daerah pengelola BLUD di lingkungan Pemerintah Kota Batam untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat.

โ€œAtas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi, saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bagian Perekonomian Setdako Batam yang sudah menaja kegiatan ini. Ikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat memberikan layanan maksimal kepada masyarakat,โ€ ujarnya mengawali sambutan.

Ia mengatakan saat ini sudah terdapat 21 Puskesmas sebagai BLUD di Kota Batam. Dalam hal ini, layanan kesehatan diberikan keleluasaan dalam konteks mengelola baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) hingga penganggaran. Sehingga Puskesmas sebagai BLUD, diberikan kebebasan dalam meningkatkan pelayanannya ke masyarakat. Puskesmas akan mengelola sendiri keuangannya, tanpa memiliki ketergantungan ke Pemko dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih maksimal terhadap Masyarakat.

โ€œBLUD dalam pengelolaannya disetiap Perangkat Daerah tidak sama. Dengan BLUD ini diharapkan pengelolaan keuangannya menjadi lebih fleksibel. Pengelolaan keuangannya pun berbeda dengan APBD, Kita harus menunggu dianggarkan untuk membeli peralatan medis. Pada pengelolaan BLUD, sepanjang uangnya ada silahkan dugunakan dengan catatan tidak untuk mencari keuntungan,โ€ jelasnya.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini dapat menghilangkan kekakuan dalam pengelolaan BLUD di masing-masing unit kerja. Kepada narasumber Ia meminta agar dapat memberikan materi kepada peserta. Sehingga dapat memberikan solusi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

โ€œJika ada hal yang kurang dipahami tolong ditanyakan keada narasumber. Bagaimana pelayanan Kita keren, sehingga masyarakat merasa terlayani dengan baik dan nyaman saat berobat di Puskesmas. Ciptakan inovasi, layani orang dengan baik dan senyum,โ€ pesannya.(*)

DD