๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐€๐ฉ๐ซ๐ž๐ฌ๐ข๐š๐ฌ๐ข ๐๐ฎ๐ฅ๐จ๐  ๐’๐ข๐š๐ ๐š ๐Œ๐ž๐ซ๐๐ž๐ค๐š, ๐’๐ž๐๐ข๐š๐ค๐š๐ง ๐๐š๐ก๐š๐ง ๐๐จ๐ค๐จ๐ค ๐ƒ๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ ๐š ๐“๐ž๐ซ๐ฃ๐š๐ง๐ ๐ค๐š๐ฎ

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengapresiasi Perum Bulog Cabang Batam yang telah menyelenggarakan kegiatan (Gerakan Pangan Murah) Bulog Siaga Merdeka di halaman Kantor Kecamatan Bengkong, Sabtu (18/08/2024). Selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam, ia menyambut baik kegiatan ini sebagai salah satu langkah menekan angka inflasi di Kota Batam.

โ€œAtas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengucapkan terimakasih kepada Bulog Cabang Batam yang telah menyelenggarakan kegiatan GMP Bulog Siaga Merdeka. Kegiatan ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-79,โ€ katanya di lokasi acara.

Diakuinya harga gula pasir di pasaran masih berkisar diharga Rp16 ribu per Kilo Gram. Minyak goreng curah Rp15 ribu ribu per Kilo Gram dan minyak goreng dengan merk tertentu dimulai dari harga Rp16.500,- per Kg. Sementara untuk harga beras medium Rp12 ribu per Kg dan harga beras premium Rp16.500 per Kg.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan upaya penting untuk membantu masyarakat dalam menyediakan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

โ€œPemerintah tentunya terus berupaya untuk menekan harga pasar dengan melakukan stabilisasi harga, salah satunya melalui kegiatan pada pagi ini. Mengingat Batam bukan sebagai daerah penghasil. Jangan sampai daya beli masyarakat turun karena tingginya harga di pasaran,โ€ tuturnya.

Kepala Perum Bulog Cabang Batam, Meirizal Sudyadi menyampaikan kegiatan ini dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan sehingga saat peringatan Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, Perum Bulog Cabang Batam menyelenggarakan kegiatan bertajuk โ€œBulog Siaga Merdekaโ€ pada 17 Agustus 2024.

Dalam kegiatan tersebut, Bulog Kota Batam menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, seperti beras SPHP seharga Rp58.000 per pack, beras premium Rp67.000 per pack, gula pasir 1 Kg Rp16.000, minyak goreng 2 liter Rp28.000. Untuk beras, pihaknya menyediakan sebanyak 500 Kilo Gram. Pada kegiatan yang digelar satu hari itu juga terdapat cabe yang dijual Rp55 ribu per Kilo Gram, Bawang merah Rp25 Kg dan bawang putih Rp28 Kg.

โ€œKegiatan ini secara menyeluruh terlaksana di 79 titik tersebar di seluruh Indonesia termasuk di Kota Batam. Tentunya kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi antara Pemerintah Kota Batam, Perum Bulog dan Asosiasi Distributor Kota Batam.(*)

DD