๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง: ๐Œ๐š๐ค๐ฌ๐ข๐ฆ๐š๐ฅ๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐›๐š๐ง๐ ๐ฎ๐ง๐š๐ง ๐๐ž๐ง๐ ๐š๐ง ๐๐ž๐ง๐ข๐ง๐ ๐ค๐š๐ญ๐š๐ง ๐Š๐ฎ๐š๐ฅ๐ข๐ญ๐š๐ฌ ๐”๐Œ๐Š๐Œ

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. membuka Pelatihan Digital Marketing dan Branding Produk Angkatan III, di Hotel Pasific Palace, Selasa (9/7/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kota Batam, khususnya para pelaku usaha kecil.

Pelatihan ini digagas oleh salah satu anggota DPRD Kota Batam, Rohaizat, melalui pokok pikirannya dan dibantu oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang kemudia diaplikasikan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam.

Dalam sambutannya, Jefridin menekankan pentingnya para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik. Jefridin menjelaskan bahwa berbagai pembangunan yang sedang gencar dilakukan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mulai dari jalan, bandara, hingga pelabuhan, bertujuan untuk membuka akses bagi orang datang ke Batam.

โ€œOrang itu siapa? Yaitu investor. Kita harap mereka datang dan menanamkan modalnya di Batam sehingga lapangan pekerjaan terbuka dan ekonomi dapat terus berputar. Karena Batam juga tidak punya hasil bumi yang diandalkan sehingga tidak bisa bapak dan ibu untuk bertani di Batam,โ€ ujar Jefridin.

Selain itu, Jefridin juga menambahkan bahwa Batam mengharapkan kedatangan wisatawan lokal hingga mancanegara.

โ€œKalau sudah berwisata ke Batam, mereka akan menginap di hotel dan makan di restoran. Dari sini akan menghasilkan pajak, dan dari pajak itulah kita dapat membangun Batam,โ€ jelasnya.

Jefridin menegaskan agar masyarakat tidak hanya menjadi penonton pembangunan, tetapi juga mengambil manfaat dari pembangunan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi keluarga.

โ€œSalah satunya melalui kegiatan ini. Buka usaha kuliner, fashion, hingga oleh-oleh yang membuat orang mau balik lagi ke Batam,โ€ pesannya.

Lebih lanjut, Jefridin menekankan pentingnya mengurus izin dan sertifikasi halal, menjaga kualitas, konsistensi, dan kebersihan produk. Jefridin berpesan kepada narasumber pelatihan untuk memberikan ilmu tentang cara membuat produk yang menarik, mengemas, memasarkan, hingga membranding produk.

Kegiatan ini diadakan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang strategi pemasaran digital dan meningkatkan kualitas UMKM sesuai dengan regulasi yang ada. Dilaksanakan selama dua hari, diharapkan pelatihan ini dapat memberikan arti dan masukan bagi pelaku usaha yang sudah ada maupun yang masih pemula.

DD