๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐ข๐ฆ๐ฉ๐ข๐ง ๐๐ž๐ฆ๐›๐š๐œ๐š๐š๐ง ๐‰๐š๐ง๐ฃ๐ข ๐๐š๐ง ๐‘๐ž๐ง๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ง, ๐”๐ฉ๐š๐œ๐š๐ซ๐š ๐”๐ฅ๐š๐ง๐  ๐‰๐š๐ง๐ฃ๐ข ๐‡๐š๐ซ๐ข ๐๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š ๐ค๐ž-๐Ÿ”๐Ÿ‘ ๐Š๐จ๐ญ๐š ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ

Sekretaris Daerah Kota Batam sekaligus Ketua Kwarting Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. memimpin Upacara Ulang Janji Hari Pramuka ke-63 yang digelar di Lapangan SD Negeri 011 Bengkong, Kamis (15/8/2024).

Upacara ini dimulai dengan api unggun dan pembacaan Dasa Dharma Pramuka. Dalam upacara tersebut, Jefridin memimpin pembacaan naskah ulang janji tingkat kwartir cabang Kota Batam untuk tahun 2024.

โ€œPada malam yang tenang ini, marilah kita merenungkan hasil karya yang telah berlalu, dengan segala pencapaian dan keberhasilan yang tersirat dalam Dasa Dharma Pramuka. Hayati dan amalkan dengan penuh usaha, biarkan merah putih mencerminkan keberanian dan kesucian sebagai saksi dari renungan malam ini,โ€ ujar Jefridin.

Jefridin juga menegaskan pentingnya pengabdian sebagai penerus cita-cita pahlawan kepramukaan.

โ€œPramuka bagi orang dewasa adalah ladang pengabdian. Adik-adik peserta didik pramuka adalah tempat kita menempa diri agar menjadi orang yang berguna dan berkarakter, serta mengamalkan Pancasila,โ€ lanjutnya.

Jefridin juga mengingatkan peserta untuk selalu memperbaiki diri dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

โ€œGerakan Pramuka adalah gerakan kepanduan, dan orang Pramuka adalah orang yang takwa. Dasa Dharma Pramuka kesepuluh mengajarkan kita untuk jujur, suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan. Mari kita renungkan dan perbaiki kekurangan kita,โ€ tegasnya.

Sebagai penutup, Jefridin mengajak seluruh anggota Pramuka untuk meramaikan perayaan Hari Pramuka ke-63 tingkat Kota Batam pada tanggal 18 Agustus mendatang di Dataran Engku Putri Batam Centre.

โ€œMari kita bersama-sama merayakan ini dan menunjukkan komitmen kita sebagai Pramuka. Dimana upacara nanti akan dipimpin langsung oleh Kamabicab Kota Batam sekaligus Wali Kota Batam, Muhammad Rudi,โ€ tutupnya.

DD