๐๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ ๐š๐ญ๐ข ๐‡๐š๐ซ๐ข ๐๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š ๐ค๐ž-๐Ÿ”๐Ÿ‘, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐ƒ๐จ๐ซ๐จ๐ง๐  ๐€๐ง๐ ๐ ๐จ๐ญ๐š ๐๐ซ๐š๐ฆ๐ฎ๐ค๐š ๐๐ž๐ซ๐ฃ๐ข๐ฐ๐š ๐๐š๐ง๐œ๐š๐ฌ๐ข๐ฅ๐š ๐ƒ๐š๐ง ๐Œ๐ž๐ง๐ฃ๐š๐ ๐š ๐Š๐ž๐ฎ๐ญ๐ฎ๐ก๐š๐ง ๐๐Š๐‘๐ˆ

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mengikuti Upacara Hari Pramuka ke-63 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Minggu (18/08/2024). Selaku Inspektur Upacara Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Batam yang juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

โ€œBaru saja Kita mengikuti Upacara Hari Pramuka ke-63. Peringatan Hari Pramuka cukup meriah. Selain ada penampilan dari anggota Pramuka, juga diserahkan sejumlah penghargaan, seperti Lencana Pancawarsa dan Penghargaan Pramuka Garuda,โ€ ujar Jefridin.

Tema Hari Pramuka ke-63 ini yaitu โ€œPramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRIโ€. Melalui pidato Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, Budi Waseso menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

โ€œSebagai organisasi pendidikan non formal, Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekadar menangani character building. Tapi juga pengabdian masyarakat. Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,โ€ katanya menyampaikan pesan Kakwarnas.

Yang paling penting menurutnya seorang anggota Pramuka harus memegang teguh Tri Satya dan Dasa Darma.

โ€œTri Satya merupakan tiga janji yang menjadi dasar anggota Pramuka dalam menjalankan tugasnya. Sementara, Dasa Darma adalah sepuluh tuntutan moral yang menjadi pedoman anggota Pramuka dalam menjalani hidupnya,โ€ ujar Jefridin.

Sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Batam, Jefridin menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pembina, pelatih, andalan yang sudah membantu menggerakan Pramuka di Kota Batam.(*)

DD